BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Perkembangan teknologi saat ini memang mengalami
kemajuan yang sangat pesat, mulai dari perkembangan perangkat keras maupun
perangkat lunak. Tidak terkecuali perangkat lunak dalam bidang desain animasi
yang juga ikut terkena dampak berkembangnya teknologi. Salah satu perangkat lunak
yang terus berkembang adalah blender, blender adalah program 3D dan animasi
yang bersifat opensource, bebas untuk dikembangkan oleh penggunanya dan dapat
didistribusikan kembali dan bersifat legal. Blnder memiliki video compositor
dan integrated game engine karya yang dihasilkan tidak ada sifat royalt kepada
developer atau pengembang, dan dapat dipublikasikan baik free maupun untuk
dikomersilkan. Blender memiliki kelebihan sendiri dibandingkan program modeling
3D dan animation lainnya. Kelebihan yang dimiliki blender adalah dapat membuat
game tanpa menggunakan program tambahan lainnya, karena blender sudah memiliki
game engine sendiri dan menggunakan python sebagai bahasa pemrograman yang
lebih mudah ketimbang menggunakan C++, C, dan lain-lain. Blender menggunakan
opengl sebagai render grafiknya yang dapat digunakan pada berbagai macam sistem
operasi seperti Windows, Linux, dan Mac OS X. Sampai saat ini versi terbaru
blender adalah 2.77a.
B. Tujuan
Adapun animasi yang akan dibahas dalam makalah ini adalah
seputar kartun 3D, yaitu tokoh kartun bernama minions. Dalam makalah ini dibuat
untuk memberikan pengetahuan dasar kepada pembaca tentang bagaimana membuat
model 3D pada aplikasi blender.
C. Batasan Masalah
1. Apa fungsi dari masing-masing menu dan shortcut pada blender
?
2. Bagaimana membuat model 3D pada aplikasi blender ?
D. Metode Penelitian
Rancangan model 3D yang dibahas dalam makalah ini adalah
termasuk model sederhana, dan tergolong tidak terlalu sulit dalam
pengerjaannya. Pembuatan model 3D dibuat dengan menggunakan aplikasi blender
versi 2.77a. Dalam proses pembuatan modeling, pertama diharuskan mengerti dan
mengingat fungsi dari ikon ataupun shortcut dari aplikasi blender. Lalu setelah
mengetahui dan mengingat maka dilanjutkan kedalam proses pembuatan model 3D,
dalam pembuatan model diawali dengan membuat objek sederhana yang dikembangkan
dan dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tercipta objek yang diinginkan.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Perancangan
Program
Disini
akan langsung dibahas mengenai bagaimana membuat model 3D dengan menggunakan
aplikasi blender.langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Pertama buka aplikasi blender yang telah terinstall
dikomputer, disini saya menggunakan versi 2.77a yg terbaru 2016.
2. Secara default ketika membuka blender maka akan ada objek
kubus, hapus objek tersebut dengan menggunakan tombol X lalu pilih delete.
3. Untuk memudahkan kita dalam melihat objek, kita split layar
menjadi 3 bagian. Dengan cara klik dan drag tanda garis diujung atas sebelah
kanan dan disebelah kanan bawah.
4. Di jendela kedua kita bisa masukkan gambar contoh. Dengan
klik ikon kubus dan pilih UV/Image Editor. Klik image>open image untuk
memilih gambar.
5. Setelah itu buat objek baru dengan menekan tombol kombinasi
SHIFT + A, lalu pilih Mesh>UV Sphere
6. Ketika membuat model 3D dengan blender adalah perlu
diperhatikan posisi koordinat X,Y,Z. Disini kita tekan Numpad+1 untuk mengubah arah
pandang terhadap Z dan X.
7. Lalu klik tab modifier>add modifier>Subdivision
Surface
8. Lalu tambahkan subdivisionnya menjadi 2, agar objek terlihat
lebih bulat.
9. Agar objek lebih halus permukaannya maka tambahkan smooth
dimenu samping kiri.
10. Masuk ke Edit
Mode dengan menekan Tab, lalu pilih face select. Seperti berikut. Perhatikan
juga mode select dari ketiga ini karena penting.
11. Lalu tekan A
untuk deselect, disini saya akan menghapus setengah dari objek. Caranya tekan B
untuk menyelekasi bagian, arahkan ke tengah objek bola, klik dan drag mouse
sampai terseleksi setengah dari objek bola. Pastikan kita menyeleksi setengah
objek itu tanpa ada bagian yang tertinggal. Jika ada bagian yang tertinggal
kita cukup tekan SHIFT+KLIK bagian yang ingin kita select.
12. Ketika sudah
terseleksi tekan X>Faces untuk menghapus bagian tersebut.
13. Klik
modifier>add modifier>Mirror
14. Selanjutnya
membuat objek bulat menjadi berbentuk seperti kapsul, select ¼ bagian dengan
tekan tombol B>klik dan drag pada bagian yang ingin diselect.
15. Tarik garis Z
keatas sehingga membentuk seperti kapsul.
16. Tekan CTRL+R
lalu scroll mouse untuk menambahkan bagian seleksi pada objek. Sesuaikan dengan
kebutuhan.
17. Seleksi lagi
bagian atas untuk lalu tekan S>tekan Z untuk merendahkan bagian atas dengan
patokan sumbu Z. Lakukan hal yang sama pada bagian bawah objeknya.
18. Atur
bagian bawah dengan select bagian garis yang kurang rapi dan tekan G 2x
lalu arahkan mouse keatas.
19. Berikan
warna pada bagian tubuh dengan warna kuning, klik Material>klik tanda +
>ganti nama dengan yellow (agar lebih mudah nantinya)>pilih warna kuning.
20. Selanjutnya
kita akan membuat bagian mulut, tekan Tab pada objek tubuh untuk select.
21. Pilih
mode face select dan pilih bagian yang akan diselect.
22. untuk
lebih memudahkan saya zoom bagian yang akan dibuat mulut, lalu tekan E dan
tarik kedalam sedikit lalu enter, tekan E lagi dan baru tarik sampai terbentuk
mulut. Proses exroot sengaja dilakukan 2x agar hasil terlihat lebih rapi.
23. tambahkan
material baru untuk bagian mulut. Disini saya memberi material tersebut dengan
nama black_flat, dan pilih warna hitam.
24. jika
sudah maka akan seperti ini hasilnya.
25. kita
buat agar mulut terkesan tersenyum dengan klik salah satu
26. selanjutnya
membuat bagian gigi, masuk ke mode faces lalu select bagian atas mulut. Tekan
SHIFT+D>Enter>Tekan P>Selection untuk menduplikat bagian yang
diselect.
27. ketika
sudah di duplikat dan memudahkan dalam membuat bagian yang lainnya kita perlu
memberi nama pada setiap bagian. Maka rubah nama yang ada di bagian outline
kita ganti dari Sphere.001>tooth dan Sphere>body
28. lalu
bagian yang tadi di diplikat di select, tekan S dan Y untuk memperkecil bagian
tersebut terhadap sumbu Y.
29. setelah
itu tekan E untuk exroot dan tarik kebawah, hingga sperti ini.
30. Tekan
Tab untuk pindah ke Object Mode, lalu ke tab material dan hapus material yang
ada pada bagian ini. Dan buat material baru beri nama “white” dan pilih warna
putih.
31. Tekan
Numpad 8 dan Numpad 7 untuk mengatur bagian gigi dari bagian atas. Atur rotasi
(Tekan R) dan skala (Tekan S) tentunya setelah titik pada bagian diselect.
Usahakan seperti ini hasilnya.
32. Masih
pada bagian gigi, saya akan membuat seolah-olah ada 4 gigi dimulut. Caranya
tekan CTRL+R>Enter>lalu tarik ke arah kiri. Lakukan hal yang sama dengan
bagian gigi disebelahnya.
33. Selanjutnya
select bagian yang akan kita buat menjadi selah-selah gigi, Tekan E dan Tekan S
arahkan kebagian dalam hingga seperti ini. Lakukan hal yang sama pada bagian
gigi di sebelahnya.
34. Perbesar
bagian giginya dengan Tekan S dan arahkan keluar seperti ini.
35. Select
bagian gigi Tekan SHIFT+D untuk menduplikat, atur posisi hingga berada dibawah
gigi pertama. Dan jangan lupa untuk mengganti nama bagian yang diduplikat tadi
di tab outliner, disini saya ganti menjadi “tooth lower”
36. Selanjutnya
saya akan membuat bagian bajunya, select terlebih dahulu bagian tubuh dan
seleksi menyerupai baju yang ada pada gambar. Tekan SHIFT+D>Tekan
P>Selection untuk menduplikat bagian yang diselect. Dan ganti nama bagian
tersebut, disini saya ganti dengan “jeans”.
37. Dan
pada bagian jeans hapus material yang ada dan buat material baru dengan warna
biru.
38. Perbesar
bagian jeans dengan Tekan S dan atur skalanya.
39. Tambahkan
modifier solidify pada bagian jeans.
40. Select
bagian jeans tekan CTRL + Numpad 7 untuk melihat dari bagian bawah. Select
beberapa bagian yang nantinya akan dibuat sebagai kaki.
41. Pada
bagian yang telah diselect kita Tekan E arahkan kebawah untuk exroot membentuk
bagian kaki. Atur dengan menggunakan rotasi dan skala.
42. Pada
bagian bawah yang masih di select Tekan P>Selection, ini menjadikan bagian
bawah ini yang nantinya akan dijadikan sebagai awal pembentukan bagian sepatu.
Dan beri nama pada outliner dengan nama “shoes”.
43. Setelah
itu pisahkan dengan bagian kaki, dan berikan material black_flat pada bagian sepatu.
44. Lakukan
exroot pada bagian shoes, seperti dibawah ini.
45. Select
bagian depan sepatu lalu ubah view dengan CTRL + Numpad 7, atur rotasi dan
skala dari bagian tersebut serta tekan E untuk exroot bagian depan sepatu.
46. Select
bagian sepatu yang belum rapi Tekan G untuk merapihkannya.
47. Select
semua bagian sepatu dan tarik keatas hingga menyatu dengan bagian kaki.
48. Lalu
kita akan membuat bagian kacamata dari minion, Tekan SHIFT+A>Mesh>Circle.
Dan pada bagian vertices rubah angkanya menjadi 8.
49. Tarik
keatas bagian circle tadi agar mudah memodifikasinya, atur skala dan rotasinya
sehingga menjadi seperti ini.
50. Tekan
Tab untuk select circle, Tekan E>Tekan S hingga menjadi seperti ini.
51. Select
garis bagian belakang circle dan tekan E hingga menjadi seperti ini.
52. Setelah
itu Tekan SHIFT+D untuk menduplikat circle dan letakkan disamping circle
pertama.
53. Select
bagian kedua sisi circle pertama dan kedua dan Tekan X>Faces untuk menghapus
bagian tersebut.
54. Dekatkan
kedua circle tersebut, Tekan B untuk menseleksi bagian pinggir kedua circle.
55. Setelah
terselect Tekan W>Remove Doubles untuk menghapus garis yang dobel.
56. Tambahkan
modifier>add modifier>Subdivision Surface agar objek kacamata terlihat
melengkung permukaannya.
57. Di
Tab modifier di bagian subdision rubah view menjadi 2.
58. Select
bagian batang kacamata yang dekat bagian tengah, Tekan CTRL+R dan tarik ke arah
bagian tengah agar terlihat lebih realistis. Lakukan hal serupa pada ketiga
bagian lainnya.
59. Masih
pada bagian kacamata, tekan CTRL+R>Enter lalu arahkan kedepan. Lakukan lagi
hal serupa lalu arahkan kebelakang. Ini bertujuan agar permukaan atas terlihat
agak flat.
60. Tekan
CTRL+R>Enter lagi pada bagian depan kacamata dan arahkan ke lubang kacamata.
Lakukan pada lubang kacamata yang 1 lagi.
61. Tarik
kacamata ke bawah, dan sesuaikan di posisinya, Tekan Numpad + 7 lalu atur
posisi dari atas.
62. Untuk
membuat bagian mata kita bisa buat dari bagian kepala, select bagian dari
kepala Tekan SHIFT+D>P>Selection untuk menduplikat
63. Select
bagian yang telah di duplikat tadi ganti nama di outliner dengan “eyes”, Tekan
R>X untuk melakukan rotasi terhadap sumbu X. Perkecil skalanya dan letakkan
diatas sebelum nanti dipindahkan.
64. Pada
bagian tab modifier klik Apply.
65. Hapus
material yang terdapat pada bagian eyes, lalu tambah baru tetapi menggunakan
warna white yang tadi tela dibuat.
66. Select
bagian tengah mata tapi tidak semuanya, lalu tambahkan material baru bernama
brown dengan warna coklat tanpa menghapus material white tadi.
67. Select
bagian inti mata lalu buat material baru dengan warna hitam, kita bisa pilih
material black yang tadi kita buat.
68. Select
lagi dari bagian brown sampai black dan perkecil ukurannya dengan skala.
69. Buat
agar mata terlihat melengkung dengan tekan S>Y, kita buat melengkung
terhadap sumbu Y.
70. Lalu
atur posisi mata dibelakang kacamata, sesuaikan dengan posisi kacamata.
71. Select
bagian eyes atau mata dan tekan SHIFT+D untuk menduplikatnya, atur mata kedua
sesuai posisinya.
72. Select
bagian badan untuk membuat bagian tangan.
73. Tekan
Numpad + 1 untuk merubah view lalu tekan E untuk exroot.
74. Tekan
R untuk rotasi kan bagian yang di select ke bawah. Gunakan fungsi tombol R, S,
dan G untuk menentukan posisi tangan yang pas.
75. Select
bagian ujung tangan dan tekan P>selection. Pada tab material hapus semua
material dan berikan material black. Tekan S untuk membesarkan area sarung
tangan, dan tarik ke atas. Lakukan teknik exroot pada bagian tersebut.
76. Setelah
berbentuk seperti dibawah maka select satu bagian di belakang sarung tangan
lalu lakukan teknik exroot. Ada tiga bagian yang di exroot yang nantinya akan
dijadikan jari.
77. Rapihkan
bagian depan sarung tangan dengan bantuan tombol S.
78. Select
bagian tubuh lalu tekan tab, lakukan seleksi di bagian atas tangan untuk
membuat strip yang tersambung ke baju. Tekan SHIFT+D>P>Selection. Hapus
semua material yang ada dibagian strip lalu tambahkan material dengan jeans.
79. Perbesar
strip nya, lalu select bagian tengah strip lalu tarik keatas. Sesuaikan posisi
ujung strip agar tetap dekat dengan bagian baju.
80. Dan
ini lah hasilnya.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dalam makalah ini dapat disimpulkan bahwa pada proses
pembuatan animasi 3D diperlukan pengetahuan khusus tentang aplikasi yang
dijadikan media pembuatan animasi. Selain itu dalam merancang animasi ada
beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu objek animasi itu sendiri, armature
atau kerangka tulang dari animasi yang berfungsi agar animasi dapat bergerak
bebas, dan timeline yang berfungsi mengatur kapan objek bergerak atau berhenti.
B. Saran
Untuk membuat animasi 3D menggunakan blender, disarankan
untuk mengingat atau menghafal shortcut tombol karena jika tidak maka akan
terjadi kesulitan dalam proses pembuatan.
Penulis sadar dalam makalah ini masih terdapat benyak kesalahan,
baik kesalahn dalam penulisan, bahasa, maupun materi dari makalah ini. Maka
dari itu sangat diharapkan saran dan masukkannya dari para pembaca yang
sifatnya membangun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar