Hallo, kita bertemu lagi di blog saya. Nah, kali
ini saya akan membahas tentang blender basic yaitu tombol-tombol keyboard dan
fungsinya dalam aplikasi blender. Dalam artikel ini, saya
akan menjelaskan mengenai dasar-dasar penggunaan blender.
Hal ini bertujuan supaya anda dapat menggunakan
aplikasi blender dengan mudah. Biasanya, orang yang baru menggunakan blender,
tentu saja mengalami kesulitan dimana ia tidak mengerti shortcut tombol
keyboard untuk menggunakan tools pada blender, seperti halnya dengan saya yang
baru pertama kali menggunakan blender, masih agak bingung dengan cara
menggunakan tools pada blender dengan menggunakan shortcut keyboard.
Memang sih, kalo melihat
video tutorial blender di youtube terkadang ada yang memberikan tombol
shortcutnya untuk menggunakan tools pada blender, ada juga yang tidak sama
sekali. Maka dari itu, anda harus menguasai dasar-dasar blender terlebih
dahulu, dan anda harus sesering mungkin belajar praktek membuat apapun dengan
blender. Oke, saya akan memberikan tombol-tombol shortcut keyboard yang ada pada
blender. Semoga berhasil.
Tombol-Tombol Shortcut
Pada Blender Beserta Fungsinya
PERINTAH DASAR
· TAB key –
Berfungsi untuk mengubah antara “edit mode” dan “object select mode”.
· “O” key
–Berfungsi untuk mengaktifkan “proportional vertex editing” pada “edit mode”.
· “A” key –
Berfungsi untuk memilih semua vertices yang terdapat pada sebuah obyek.
· “B” key –
Berfungsi untuk memilih banyak obyek dengan menggunakan windows drag.
· Space bar –
Berfungsi untuk menampilkan menu tool.
· Number pad
– Berfungsi untuk mengontrol view. “7” untuk “top”, “1” untuk “front”, “3”
untuk “side”, “0” untuk “camera”, “5” untuk “perspective”, “.” Untuk
memperbesar obyek yang telah dipilih, “+” dan “-“ untuk memperbesar atau
memperkecil.
· Mouse –
Klik kiri berfungsi untuk mengubah, Klik kanan berfungsi untuk memilih, Klik
tengah atau scroll berfungsi untuk memperbesar dan merotasi view.
· Shift key –
Berfungsi untuk memilih obyek lebih dari satu dengan cara menahan tombol Shift
dan Klik kanan.
· Arrow key –
Berfungsi untuk pembuatan frame dalam sebuah animasi.
· “R” key –
Berfungsi untuk merotasi sebuah obyek atau vertices.
· “S” key –
Berfungsi untuk mengatur skala sebuah obyek atau vertices.
· “G” key –
Berfungsi untuk memindahkan sebuah obyek atau vertices.
· “P” key –
Berfungsi untuk memisahkan vertices yang dipilih menjadi sebuah obyek didalam
“edit mode”.
· Shift + “D”
– Berfungsi untuk menduplikat sebuah obyek atau vertices.
· “E” key –
Berfungsi untuk meng-extrude vertices yang telah dipilih didalam “edit mode”.
· “U” key –
Didalam “object mode” berfungsi untuk menampilkan SingleUser menu, sedangkan
didalam “edit mode” berfungsi sebagai “undo”.
· “M” key –
Berfungsi untuk memindahkan obyek ke layer lain. Didalam “edit mode” berfungsi
sebagai “Mirror”.
· “Z” key –
Berfungsi untuk merubah view dari wireframe menjadi solid.
· Alt + “Z” –
Berfungsi untuk merubah view tekstur atau tembus pandang.
· “P” key –
Berfungsi untuk memulai mode game.
· ALT / CTRL
+ “P” – Berfungsi untuk membuat atau menghapus hubungan Parent/Child.
· “N” key –
Berfungsi untuk menampilkan info sebuah obyek dalam bentuk numeric.
· Ctrl + “J”
– Berfungsi untuk menggabungkan obyek.
· Alt + “A” –
Berfungsi untuk menjalankan animasi.
· “F” key –
Berfungsi untuk membuat sebuah sisi pada “edit mode”.
· “W” key –
Ekspresi Boolean untuk menggabungkan atau mengiris pada 2 obyek atau lebih.
· “X” atau
Delete – Berfungsi untuk menghapus obyek, vertices, atau sisi.
· Function
keys – F1 = Load File, F2 = Save, F3 = Save Image, F4 = Lamp Buttons, F5 =
Material Buttons, F6 = Texture Buttons, F7 = Animation Buttons, F8 = Real Time
Buttons, F9 = Edit Buttons, F10 = Display Buttons, F11 = Last Render, F12 =
Render.
· “I” key –
Berfungsi untuk memasukkan animasi.
· ALT + “U” –
Berfungsi untuk menampilkan “Global Undo Command”.
· ALT + “C” –
Berfungsi untuk mengkonversi menjadi meshes, text dan curves.
· Shift +
Space – Berfungsi untuk menampilkan seluruh layar atau hanya pada viewport yg
aktif saja.
· Ctrl + “0”
– Berfungsi untuk memilih sebuah camera.
MENU FILE
· Append =
Ketika anda menginginkan untuk memasukkan elemen dari file Blender yang satu ke
file Blender yang lainnya, perlu menggunakan append command.
· Save
= menyimpan hasil kerja
· Save As =
menyimpan hasil kerja dengan nama lain
· Export/Import
= kemampuan Blender untuk menerima beberapa jenis 3D file dari program
lain. Blender dapat menyimpan ke dalam bentuk file 3D dari program lain ataupun
juga sebaliknya
MENU
ADD
Add digunakan untuk menambahkan objek-objek, seperti kamera,
lighting dan objek 3D.
Render berfungsi untuk melihat
hasil Rendering dan settingnya.
• Help digunakan untuk melihat
bagaimana Blender bekerja dan berbagai jawaban untuk pertanyaan dari user.
2. View Port
Pada View Port, terdapat 3
objek, yaitu Cube, Lamp dan Camera. Secara default, View Port memiliki axis X
dan Y. dan didalam view port ini kita bisa melihat project dalam berbagai macam
sudut dan dapat mengatur letak dan kamera serta sebagainya.
3. Tool Button
Berikut beberapa tools button
yang biasa digunakan pada Blender :
• Translate Manipulator Mode
Berfungsi untuk mengambil
objek. Disimbolkan segitiga merah, bila menggunakan keboard bisa secara
langsung menekan Ctrl+Alt+G.
• Rotate Manipulator Mode
Berfungsi untuk memutar objek.
Disimbolkan berupa lingkaran hijau, bila menggunakan keyboard bisa secara
langsung menekan Ctrl+Alt+R.
• Scale Manipulator Mode
Berfungsi untuk memperbesar dan
memperkecil objek. Disimbolkan berupa persegi biru, bila menggunakan keyboard
bisa secara langsung menekan Ctrl+Alt+S.
• Transform Orientation
Berfungsi untuk mengabungkan
beberapa objek.
• Rotating/ Scaling pivot
Berfungsi memutar dan
memperbesar atau memperkecil pada area pivot, pivot merupakan titik pusat suatu
objek. Disimbolkan berupa titik hitam dengan tanda panah. Pivot adalah titik
pusat dari suatu objek, secara default pada Blender kita menggunakan Median
Point.
• Modeling
Berfungsi untuk membuat model
3D awal.
• UV Mapping
Berfungsi untuk memindahkan
objek berdasarkan vertex.
• Texturing
Adalah pembuatan textur pada
objek bisa dengan meload gambar dari kita sendiri, ataupun dari bawaan Blender.
• Rigging
Berfungsi untuk pembuatan
tulang atau bones pada objek.
• Skinning
Berfungsi untuk pembuatan kulit
pada objek atau model.
• Animasi
Berfungsi untuk pembuatan
animasi atau objek bergerak secara timeline/ waktu.
• Particle
Berfungsi untuk pembuatan
particle pada objek atau model.
Basic Blender Shortcut:
• Memilih obyek: klik kanan
• Multiple obyek: shift + klik
kanan
• Select/Deselect All: A
• Tools Shelf Toggle: Shortcut:
T ; Menampilkan Tools Shelf
• Menghapus obyek (vertex,
edge, face): x
• Properties Panel Toggle:
Shortcut: N ; Menampilkan Properties Panel
• Set Center: Shortcut: Shift +
CTRL + Alt + C ; Gunakan menu ini untuk select Center New, Center Cursor atau
ObData to Center
• Circle Select: Shortcut: C ;
Untuk seleksi Circle/bundar
• Marquee Zoom: Shortcut: Shift
+ B, lalu LMB-drag ; Untuk zoom obyek dengan seleksi kotak
• Quick Toggle for Vertices,
Edges and Faces: Shortcut: CTRL+TAB ; Dalam edit mode gunakan ini untuk
mempercepat perpindahan seleksi
• Isolate your Model in 3D:
Shortcut: Alt + B dan LMB-drag ; Lalu, rotasikan di 3D view untuk melihat “3D
projection” isolated model. Tekan Alt + B lagi untuk mengembalikan ke posisi
normal.
• Transform Hotkeys ; G = Move
(Grab) ; R = Rotate ; S = Scale ; Alt + G = Reset Position ; Alt + R = Reset
Rotation ; Alt + S = Reset Scale
• Add: Shift + A
• Viewport ala 3ds Max:
Ctrl+Alt+Q
Tidak ada komentar:
Posting Komentar